Logo
Jungleland-ok
Kamis, 23 Oktober 2014 -
  • Home
  • »
  • PEMILU 2014

Inilah Syarat Agar Jokowi Jadi Capres PDI Perjuangan

31 Oktober 2013 | 11:45
Xlarge_megawati_dan_jokowi

NEFOSNEWS, Jakarta - Sabam Sirait, politisi senior PDI Perjuangan mengatakan, Megawati Soekarnoputri sudah memberi sinyal pada Jokowi untuk menjadi calon presiden (capres). Tapi tentu ada syaratnya.

"Syaratnya, Ibu Mega jangan diolok-olok. Kalau mau, dorong dia untuk majukan Jokowi. Saya rasa, dia juga sudah sadar kok," kata Sabam, pada Kamis (31/10/2013). Apalagi Jokowi dekat dengan Mega. Hal itu bisa menjadi sinyal pencalonan Jokowi menjadi capres dari PDI Perjuangan.

Menurut Sabam, Ketua Umum PDIP itu berwenang menentukan capres dan dia bisa menentukan kapan saja. Bahkan, Mega bisa menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menentukan capres. "Momentumnya bisa kapan saja. Ada kemungkinan di menit-menit terakhir. Akan ada waktu yang tepat. Tapi jangan sekarang, karena Jokowi pasti akan diserbu," tambahnya.

Sampai kini, PDI Perjuangan memang belum mengumumkan nama capres yang akan diusung pada Pilres 2014. Toh wacana yang beredar, Mega akan mencalonkan Jokowi. Meski beredar pula kabar bahwa Mega masih ingin mencalonkan diri sebagai presiden. Termasuk kemungkinan munculnya Puan Maharani dan Prananda Prabowo yang merupakan anak-anak Mega dengan suami yang berbeda.

Sementara Jokowi, berdasar berbagai survei, merupakan capres yang elektabilitasnya tinggi karena dekat dengan masyarakat dan dianggap berhasil dalam memimpin DKI Jakarta selama setahun ini. Jokowi sempat dilirik PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) jadi capres. Partai Golkar bahkan juga sempat melirik Jokowi untuk menaikkan elektabilitasnya.

Namun, Jokowi ternyata memang memiliki kedekatan dengan Megawati. Agaknya Sabam benar, semua tergantung pada Ibu Mega.(yt astuti)

Caption foto: Megawati dan Jokowi (submitlist.info)