wedding syar’I

Ingin mengelar wedding syar’I ketahui terlebih dahulu fakta uniknya 

5 Views

Ingin mengelar wedding syar’I ketahui terlebih dahulu fakta uniknya 

Di tengah maraknya tren pernikahan dengan konsep internasional ternyata tidak sedikit calon pengantin yang ingin mewujudkan impian pernikahan syari’I dengan konsep pernikahan yang sederhana sesuai dengan syariat Islam, sebagaimana telah diatur prosesi pernikahan yang seusai sunah itu yang bagaimana.

Sebagai seorang muslim pernikahan sejatinya sudah diatur dalam perintah Allah yang harus ditaati ketentuannya, meskipun dalam perkembangannya manusia terus melakukan adaptasi dengan peraturan yang ada, jadi tidak heran bila banyak orang yang belum mengerti apa itu wedding syar’I, untuk Anda yang  ingin mengelar wedding syar’I ketahui terlebih dahulu fakta unik tentangnya. 

Akan nikah atau ijab qobul tanpa ada pengantin wanita. Jika bisanya kita melihat acara akad nikah dimana pengantin wanita berada di samping mempelai pria saat diucapkannya ijab qobul, namun berbeda dengan wedding syar’i dimana mempelai wanita tidak boleh diperlihatkan terlebih dahulu ke muka umum sebelum sah menjadi sepasang suami istri.

wedding syar’I

Bahkan ada beberapa acara dimana mempelai wanita tidak akan ditunjukkan sama sekali di hadapan tamu laki-laki yang hadir.  Dalam beberapa acara jika ada prosesi sungkeman sebaiknya dilakukan dibelakang panggung saja sehingga tidak dipertunjukkan di hadapan para tamu undangan, hal ini dimaksudkan supaya prosesi yang mengharukan tersebut tidak menimbulkan perasaan-perasaan penyakit hati dari orang yang melihat. 

Tamu yang datang laki-laki dan perempuan berada di tempat yang terpisah, dari mulai masuk diterima oleh penerima tamu yang berbeda sampai dengan salaman yang hanya boleh laki-laki dengan mempelai laki-laki dan keluarga laki-laki dari pihak penganten dan wanita dengan mempelai wanita dan keluarga wanita dari pihak penganten.

Mengapa demikian? hal ini untuk menghindari para tamu laki-laki dan perempuan berpapasan secara langsung, karena biasanya wanita datang ke acara pernikahan dengan baju dan dandanan terbaiknya dan hal tersebut bisa menyulitkan bagi laki-laki untuk menundukkan pandangannya.

Pemisahan tamu laki-laki dan perempuan ini juga bertujuan untuk memuliakan mempelai wanita karena saat menikah mempelai wanita dalam kondisi berias maksimal jangan sampai mempelai wanita menjadi tontonan bagi banyak orang tamu laki-laki. Selain tempat yang dipisahkan tempat makan juga harus dipisahkan, hal ini mungkin sedikit ribet namun jika anda menggunakan jasa catering yang profesional pasti akan mudah merealisasikan.

Pengantin juga harus menyediakan hidangan terbaik dengan jumlah yang cukup untuk para tamu, selain itu ada juga makanan yang tidak boleh dihidangkan seperti alkohol dan makanan yang haram. Masih dalam urusan makan, pengantin juga harus menyiapkan banyak kursi supaya tamu yang makan tidak ada yang berdiri. 

Hiburan, bila pada pesta kebanyakan musik dan lagu adalah hiburan utama, untuk wedding syar’i sebaiknya tidak memutar musik sama sekali atau jika ingin memutar musik dengan volume yang kecil untuk menghindari kemeriahan yang justru melalaikan.  Dari segi pakaian pengantin terutama pengantin wanita.

Baju pengantin wanita tidak membentuk lekuk tubuh pemakainya hal ini sesuai dengan prinsip menutup aurat bagi muslimah dan dandanan atau riasan mempelai wanita juga sebaiknya tidak berlebih yang simple saja tidak terlalu menggunakan make up yang tebal dan mencolok.  

wedding syar’I

Jika Anda tidak terbiasa melihat pernikahan yang apa-apa serba dipisah mungkin akan terlihat sangat aneh namun ternyata dekorasi dan pelaksanaan pernikahan syari’i adalah wujud dari pernikahan yang di jalankan di atas koridor ketaatan terhadap sunnah. 

Bila waktu sholat biasanya mempelai pria dan tamu undangan laki-laki akan dipersilahkan untuk melaksanakan sholat berjamaah terlebih dahulu karena sholat berjamaah itu wajib sedangkan walimah sunnah. Dalam agama islam pesta pernikahan bukan hanya sekedar ajang pesta meriah yang diselenggarakan dengan pengantin wanita yang memakai jilbab namun sebuah prosesi yang sangat sakral tidak hanya bagi pengantin namun juga bagi semua tamu yang datang.

Karena pentingnya sebuah moment wedding agama benar-benar mengatur supaya tidak menimbulkan keburukan bagi yang menyelenggarakan. Yang menarik dari wedding syar’I adalah pemisahan tamu laki-laki dan perempuan dari tempat pesta dan juga tempat makannya hal itu harus menjadi pertimbangan penting lantaran harus ada jumlah yang jelas antara tamu laki-laki dan perempuan untuk menghitung berapa banyak porsi makanan yang harus disediakan jasa catering.

Aturan wedding syar’I ini memiliki tujuan yang baik bagi kedua mempelai, tamu undangan yang datang dan bagi pihak-pihak yang terlihat dalam proses perencanaannya.  

Bagaimana tertarik untuk melangsungkan wedding syar’I yang sakral dan penuh makna? Sudah tertarik tetapi masih bingung bagaimana cara memisahkan tamu undangannya? 

Tenang, untuk masalah pemisahan makanan dan menyediakan tempat duduk bagi para tamu undangan serahkan saja pada Jasa catering pernikahan Jakarta yang terbukti murah, profesional dan terpercaya http://cateringpernikahan.id/  dapatkan jasa catering pernikahan yang profesional siapa memenuhi kebutuhan wedding syar’I Anda, wedding sederhana dengan hidangan terbaik bagi para tamu ya Jasa catering Pernikahan jagonya.